PROFIL ASMI DESANTA
27 Februari 2018

 

Keberhasilan pembangunan bangsa Indonesia yang ditandai dengan semakin berkembangnya pertumbuhan perekonomian nasional ternyata membawa dampak  positif terhadap kehidupan dunia industri. Hal ini terlihat dengan semakin tumbuh suburnya berbagai industri, baik dalam hal perdagangan, industri manufaktur, perbankan, perhotelan, pariwisata, serta bidang jasa lainnya. Pertumbuhan yang demikian cepat tersebut tentunya tidak lepas dari semakin meningkatnya kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang menjalankan berbagai aktivitas dalam industri yang bersangkutan.

 Kebutuhan untuk meningkatkan jumlah SDM yang berkualitas tentunya memerlukan upaya yang serius dari berbagai pihak, dalam hal ini tidak hanya oleh pihak Pemerintah melainkan pihak Swasta pun ikut bertanggung jawab terhadap peningkatan kualitas SDM. Hadirnya Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dirasakan memberikan angin segar karena dapat meringankan tugas Pemerintah dalam penyiapan SDM yang berkualitas.

 Berangkat dari tuntutan dunia industri yang membutuhkan SDM yang berkualitas (disamping keterbatasan Pemerintah dalam menyediakan institusi pendidikan secara menyeluruh), maka pada tanggal 01 Juni 1993 didirikanlah Akademi Sekretari dan Menajemen Indonesia (ASMI) DESANTA Yogyakarta. Sebagaimana surat keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia tanggal 07 Juli 1994 No. 052/D/O/1994 maka ASMI “DESANTA” telah mendapatkan status TERDAFTAR untuk menyelenggarakan pendidikan jalur profesional jurusan Sekretari program studi Kesekretariatan. Dalam perjalanan waktu yang relatif begitu singkat, ASMI “DESANTA” mendapatkan respon positif baik dari masyarakat maupun instansi pemerintah dan perusahaan swasta. Adanya respon yang baik dari masyarakat ini memberikan motivasi tersendiri bagi para pengelola

 ASMI “DESANTA” untuk memberikan pelayanan yang sebaik mungkin bagi mahasiswanya melalui software, hardware, dan brainware yang kesemuanya dimaksudkan agar ASMI “DESANTA”  mampu membekali para mahasiswanya sehingga menjadi calon tenaga kerja yang siap bekerja dan memiliki kemampuan adaptasi dalam berbagai bidang kerja. Hal ini terbukti dengan diperolehnya status DISAMAKAN pada tahun 2000 yang diberikan oleh pemerintah dengan SK Dirjen Dikti no. 388/DIKTI/DIKTI/Kep/2000. Kemudian pada tahun 2009 ASMI “DESANTA” telah terakreditasi dari BAN PT, Tahun 2017, berdasarkan Keputusan BAN-PT No. 0532/SK/BAN-PT/Akred/Dipl-III/2017 menyatakan bahwa Program Studi Sekretari, Program Diploma Tiga ASMI "Desanta" terakreditasi dengan peringkat B

 Dari sisi software, ASMI “DESANTA” menyiapkan kurikulum yang mengacu pada Kurikulum Nasional serta dilengkapi dengan Kurikulum Lokal yang dimaksudkan untuk menambah bekal pengetahuan dan keterampilan. Dari sisi hardware, ASMI “DESANTA” berupaya melengkapi sarana dan fasilitas pendidikan yang memadai, diantaranya adanya laboratorium mengetik (manual dan elektronik), laboratorium komputer, laboratorium kesekretariatan, serta penyediaan peralatan kantor modern yang kesemuanya dimaksudkan untuk lebih meningkatkan keterampilan lulusannya. Sedangkan dari sisi brainware, ASMI “DESANTA” didukung oleh tenaga pengajar yang mumpuni serta dukungan pengelola menejemen ASMI “DESANTA” yang memiliki komitmen untuk keberhasilan mahasiswanya.

 Penyediaan perangkat operasional ASMI “DESANTA” sebagaimana disebutkan di atas dilandasi oleh tekad yang luhur, hal ini dapat dilihat dari tujuan ASMI “DESANTA” yang mengupayakan agar lulusannya mempunyai kualifikasi sebagai berikut :

 Memiliki kepribadian yang baik sesuai dengan nilai-nilai budaya bangsa Indonesia

  1. Memiliki kemampuan untuk menerapkan secara profesional ilmu pengetahuan yang telah diperolehnya di bidang kesekretariatan
  2. Mampu bertindak sebagai seorang sekretaris yang profesional serta berdedikasi tinggi dan berorientasi pada pembangunan nasional.
  3. Mampu mengikuti perkembangan, kreatif, produktif, serta peka terhadap perubahan lingkungan.

  ASMI “DESANTA” selalu mengutamakan pemberikan layanan yang sebaik mungkin, justru selalu berkeinginan untuk dapat memberikan yang terbaik itulah yang mendorong pengelola dan penyelenggara ASMI “DESANTA” untuk melakukan peningkatan pada berbagai aspek yang merupakan elemen penting untuk peningkatan kualitas penyelenggaraan pendidikan. Bahkan untuk memperluas wawasan pengetahuan, kepada para mahasiswa diberikan kuliah umum, kunjungan ke berbagai instansi pemerintah maupun perusahaan seperti DPR RI, PT. Coca Cola Amatil, PT. Jamu Jago, Kantor Kearsipan Nasional di Semarang, PT. Harian Pikiran Rakyat Bandung, PT. Telkom, PT. KAI, PT. Pos Indonesia, PT. Harian Media Indonesia, PT. Indosat, Bursa Efek Surabaya, Bank Indonesia Surabaya.

 

 


Berita

Pengumuman

Statistik

  • Jumlah Pengunjung : 5595
  • Hari Ini: 10